Friday, 12 June 2020

Segudang inspirasi dari seorang Guru Agung


Segudang Inspirasi dari sang Guru Agung

Pemateri : Bapak Agung Pardini ( Guru Agung)
Penulis : Syarifah Rukayah Indra Melina


Malam ini merupakan perkuliahan kelima Belajar menulis bersama
  rekan guru dari seluruh Indonesia. Perkuliahan online  via group Whatsapp malam ini dipandu seperti biasanya oleh Omjay dan dimoderatori oleh bu Fatimah, namun karena bu Fatimah ada kegiatan lain di group sebelah maka beliau digantikan sejenak oleh bu Aam,  salah seorang peserta perkuliahan yang hebat karena beliau merupakan peserta yang sangat aktif sekali menulis. Materi malam ini adalah  “Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku”  disajikan oleh bapak Agung Pardini atau dikenal dengan sapaan Guru Agung seorang master Teacher dari Sekolah Guru Indonesia.

Profil  sang Guru Agung adalah sebagai berikut :

Nama Lengkap                  :  Agung Pardini
Nama Panggilan                :  Guru Agung
Tempat, Tanggal Lahir      :  28 Jumaddil Awwal 1401 H.
Agama                               :  Islam
Status                                 :  Menikah, 1 istri, 0 anak
Alamat Rumah                  :  Kandang Roda RT 03/04, No. 82 Kel. Nanggewer Kec. Cibinong  Kab. Bogor  Jabar  16912
E-mail                               :  guruagungpardini@gmail.com
FB                                     : Guru Agung
Twitter                              : @GuruAgungPD
Instagram                         : GuruAgung
RIWAYAT KARIER :
2001 – 2008   :   Pengajar di banyak lembaga pendidikan non-formal
2006 – 2007   :   Korektor Buku Mata Pelajaran (Asisten Editor) di ESIS / Erlangga
2008 – 2012   :   Trainer dan Konsultan Pendidikan di MAKMAL PENDIDIKAN LPI-DD
2012 – 2014   :   Manajer Pengembangan Kualitas Pendidikan MAKMAL PENDIDIKAN
2010 – skrg     :   Pengasuh  PAUD Nusa Indah Cibinong
2014 – 2016   :   Direktur Sekolah Guru Indonesia
2016 – skrg    :    Master Teacher Sekolah Guru Indonesia
2017 – 2018    :   GM Sekolah SMART Ekselensia Indoensia Dompet Dhuafa
2019 – skrg  :   GM Sekolah Kepemimpinan Bangsa yang mengelola Bestudi ETOS.ID dan Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA)
 
MENULIS ARTIKEL
1.      Sekolah Berbasis Masyarakat           Jurnal Bogor, 17 Oktober 2009    Opini
2.      Mengajar Siswa Gemar Membaca  Radar Bogor, 8 Maret 2010           Opini
3       Pendidikan dalam Alienasi Birokrasi                Koran Tempo, 16 Mei 2013          Opini -                           Advertorial
4.      Transformasi Kelas Ajar, Opini Republika, Januari 2020.
 
MENULIS BUKU
1.      Menabung Gula untuk Pendidikan (Saving Palm Sugars for The Education)  MM – JICA,                         2010Bersama tim Masyarakat Mandiri
2.      Penyulut Jiwa di Kampung Hatta      Makmal DD, 2012             Bersama Surya Hanafi, dkk
3.      Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Raganya       Makmal DD, 2012             Bersama Purwo Udiutomo
4       Sekolah Ramah Hijau            Makmal DD, 2013             Bersama Zayd Sayfullah, dkk
5       Besar Janji daripada Bukti   Makmal DD, 2013             Bersama tim
6       Bagaimana ini Bagaimana itu              Makmal DD, 2014             Bersama tim Makma.
 
PEMBICARA/NARASUMBER (Non-Training)

1       Konferensi Nasional Sejarah VIII, dengan membawakan makalah yang berjudul “Media Islam                  Revivalis”Jakarta, 2006  , 800 orang , Kembudpar dan MSI
2       Seminar Pendidikan : Gelipa untuk Pendidikan  Sukabumi, 2 Februari 2010, 100 orang MM –                   JICA
3       Lokakarya Daerah Gerakan Rakyat KAMMI Bogor    Bogor, Maret 2010 ,30 orang                                   KAMMI IPB
4       Seminar: Menjadi Remaja Muslim Trendsetter , Sentul,22 Agustus 2010 ,150         orang   
5       Talkshow: Seni dalam Sejarah Islam ,Bogor, Agustus 2012 ,200 orang (siswa) ,Sekolah Bosowa               Bina Insani Bogor
6       Simposium Pendidikan Nasional, Depok, 30 Oktober 2013, 200 orang , Makmal Pendidikan DD
7       Seminar Pendidikan dan Museum  Jakarta, November 2015, 150 orang , Museum se-DKI Jakarta
8       Studium General School Master Teacher, Makassar, Mataram, Padang, dan Medan, 2015                           Sekolah Guru Indonesia DD
9       Seminar Nasional Ikatan Mahasiswa Kependidikan Seluruh Indonesia ,Semarang, 2016                              500 orang       IMAKIPSI
10     Seminar Pendidikan Ikatan Mahasiswa Kependidikan Seluruh Indonesia Tingkat Sumatera                       Palembang, 2016 , 300 orang , IMAKIPSI
11     Seminar Nasional Pendidikan , Klaten, 2016, 200 orang , Universitas Widya Klaten
12     Seminar dan Workshop Keguruan   Bogor, 2017, 200 orang  , UIKA Bogor
13     Social Leader Training Tingkat Nasional , Bogor 2018, 100 orang , Sekolah Kepemimpinan bangsa
14     Future Leader Camp 2019
15.    Young Leader Camp 2019 di Bandung, Bogor, dan Lubuk Linggau
16.    Young Leader Regional Camp di Solo 2019
17.    Muktamar Young Leader di Semarang 2020
18.    Sociopreneur Camp 2019 di Yogya
19.     Studium Generale Sekolah Pasca Sarjana UNY, 2020
20.     Studium Generale UNNES 2020
21.     Studium Generale PGSD UNNES Tegal 2020
22.     Seminar Pendidikan di UNPAS Bandung, 2020.
 
PEMATERI PELATIHAN GURU (Public Training)
1       Publik Training (Hari Guru) Tema: Kondisi Guru Indonesia    Bogor, 25 November 2008
2       Publik Training (Hari Guru) Tema: Guru Bergerak     Depok, 25 November 2009
3       Publik Training (Hari Guru) Tema: Pembelajaran Efektif        Jakarta, 25 November 2012
4       Publik Training (One Trainer Interactive Show) Tema: Inspirasi Guru untuk Bangsa   Aula Kantor           Gubernur NTB,  1 Agustus 2010
5       Publik Training dalam rangka Launching buku “Besar Janji daripada Bukti”, Tema: Guru                         KreatifMaros dan Garut, November – Desember 2013
6.      Publik Training, Guru Kreatif di Serang Banten, 2014
7.      Publik Training, Guru Kreatif di Lhokseuwe Aceh, 2014
7.      Pelatihan Guru Pertamina di Cirebon, 2019
8.      Indonesia Teacher Leader Camp 2020 di Sulawesi Selatan.
 
Dengan segudang riwayat kegiatan dan prestasinya wajar dan cocok sekali dengan nama beliau sang “Guru Agung” seorang master teacher yang luar biasa juga seorang pegiat literasi hebat. Salut dengan beliau ini.
Saat ini beliau bekerja di Dompet Dhuafa. Salah satu program Dompet Dhuafa yang sejak 2009 dilaksanakan  adalah SGI (Sekolah Guru Indonesia). Beliau sudah banyak sekali menghasilkan tulisan dan buku.
Berdasarkan pengalamannya bekerja di lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa adalah mengajak para guru-guru yang mengabdi di daerah-daerah pelosok untuk menulis dan berkarya. Di tengah keterbatasan kondisi geografis dan budaya, aktivitas menulis dan berkarya ini memiliki tantangan sendiri buat para guru-guru di sana.
Ada beberapa kendala yang ditemukan antara lain :
 
1. Gaya bahasa, ada beberapa istilah Bahasa Indonesia yang dimaknai secara berbeda di daerah.
2. Penggunaan komputer, banyak yang belum mengenal MS Office
3. Listrik, di beberapa wilayah hanya menyala di malam hari.
4. Ejaan yang (belum) disempurnakan.
Bagaimana cara kita mengatasi kendala ini?
Salah satunya adalah dengan model pendampingan intensif.
Secara sabar para konsultan dan guru-guru relawan akan melakukan pendampingan dan bimbingan selama kurang lebih setahun. Tentu ini bukan tugas yang mudah. Butuh kesabaran dari para relawan.
Dompet Dhuafa sendiri dibangun oleh para jurnalis senior Republika di era-era awal. Sehingga setiap program yang kami kerjakan buat pemberdayaan guru di daerah harus memiliki produk buku atau tulisan.
Ada beberapa ragam jenis kegiatan menulis dan berkarya yang biasa kita berikan kepada guru-guru di pelosok. Outputnya tidak harus buku, ada yang berbentuk PTK, jurnal, media pembelajaran, puisi, dan lain sebagainya.
Ini adalah salah satu contohnya :

Buku ini adalah kumpulan tulisan dari para guru terkait dengan inovasi pembelajaran yang telah mereka hasilkan, baik dalam bentuk inovasi metode ataupun media. Buku murni diangkat dari  pengalamanpengalaman mereka.
Terkait dengan percetakan, alhamdulillah semua dibiayai oleh donasi zakat yang dikelola oleh Dompet Dhuafa.
Buku-buku ini tidak diperjual belikan. Namun akan dibagikan secara gratis buat guru-guru di daerah lain yang membutuhkan.
Ahamdulillah buku-buku ini dapat memberi manfaat dan masukan bagi inovasi pembelajaran di daerah lain.
Juga  terdapat  genre buku-buku yang lain. Sifatnya adalah kisah-kisah inspiratif dari para pejuang muda pendidikan yang mengabdi sebagai guru-guru di daerah pelosok. Seperti :

Dua buku  ini bercerita banyak tentang pengalaman para guru-guru muda yang mengajar hingga ke pelosok negeri,  ada yang di kepulauan,  di hutan dan pegunungan atau di pelosok kampung.
Pernah ada guru muda  yang meninggal dalam tugas di penempatan.
Dan saat sebelum meninggal, beliau sempat menulis pada buku di atas (warna coklat).
Akhirnya nama beliau diabadikan menjadi nama sebuah penghargaan bagi guru-guru terbaik SGI.
“Jamilah Sampara Award”.
Hampir semua buku-buku yang diterbitkan adalah antologi, nulis bersama.
Nah bagaimana cara mengajarkan guru-guru menulis?
 cara  unik yang diterapkan adalah dengan menulis "Jurnal Perjalanan Guru". Jurnal ini wajib dikerjakan oleh setiap guru yang sedang mengikuti proses pembinaan di kampus SGI.
Setiap malam mereka harus menulis pengalaman mereka selama si siang hari. Modelnya bisa macam-macam. Ada yang curhat, sampai ada yang membahas suatu teori kependidikan dan kepemimpinan.
Setelah pagi tiba, sebelum beraktivitas dalam pembinaan, semua jurnal tasi dikumpulkan untuk diapresiasi dan ditanggapi. Jadi ini bisa jadi semacam refleksi dan evaluasi. Ini mirip sekali dengan kebiasaan menulisnya Om Guru Wijaya Kusuma, yang senang menulis cerita harian di group ini.
Melalui jurnal ini, kita pun para pengelola dan dosen jadi tahu ttg perasaan dan pikiran yang tengah bergejolak di hati mereka. Jika ada perasaan hati yang negatif, kita bisa langsung coaching atau konseling. Ada yang rindu keluarga, ada yang sakit hati... macam-macam ceritanya.
Kebiasaan menulis jurnal harian ini menjadikan guru jadi terlatih untuk  menulis. Namun ini tentu tidaklah cukup, harus ada upaya lain, yakni banyak-banyak membaca. Jika tidak  banyak membaca, maka tidak  bakal banyak menulis. Ini melatih kepekaan literasi mereka.
Oleh karena itu  diadakan bedah buku rutin. Ada yang harian, ada yang pekanan. Dalam proses pembinaan guru di SGI, setiap pagi diadakan apel. Yang bertugas sebagai pembina apel (bergantian), dialah yang akan memberi kajian bedah buku. Tidak  harus yang berat-berat, novel pun bisa.
Selain bedah buku, untuk memantau kemajuan bacaan para guru, setelah apel biasanya ada aktivitas "Semangat Pagi". Yakni memberi motivasi secara bergantian, dengan menggunakan kata-kata yang dinukil dari para tokoh. Ini efektif juga buat meningkatkan kepekaan literasi buat para guru.
Diyakini  bahwa menulis buat para guru adalah lompatan dan percepatan peningkatan kapasitas, kompetensi, dan rasa percaya diri.

Inilah sebagian materi yang disajikan oleh  seorang Master Teacher Sang  Guru Agung. Segudang prestasi beliau  membuatku kagum dan membuat inspirasiku  dari hari kehari semakin bertambah. Ini kurasakan dalam beberapa hari terakhir ini setiap melihat suatu objek atau kejadian secara reflek muncul ide untuk membuat tulisan, namun sering  kali belum bisa kulakukan karena terkendala banyaknya kegiatan dan pekerjaan yang harus kulakukan saat ini. Semoga saja aku niatku untuk menghasilkan banyak tulisan akan diijabah oleh Allah dengan memberikan ku kesempatan untuk menulis.


Wednesday, 10 June 2020

Pupus

                                                                            Pupusnya Sebuah Harapan

                                                                            Penulis : Syarifah Ruqayah IM

Seperti biasanya setiap pagi aku berangkat kesekolah dengan sepeda motorku. Meskipun dimasa pandemi ini aktifitas sekolah hampir dikatakan tidak ada, namun sebagai seorang guru aku tetap hadir ke sekolah untuk menuntaskan tugas yang masih belum kutuntaskan. Beberapa hari terakhir ini aku disibukkan dengan kegiatan penerimaan siswa baru atau istilahnya PPDB. Aku  dan beberapa rekan guru dipercaya sebagai panitia PPDB disekolah. setelah melewati batas akhir pendaftaran maka hari ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan adalah pengumuman hasil penerimaan siswa baru. Dari sekian ratus pendaftar tidak sampai separuhnya yang dinyatakan lulus. Aku bersyukur melihat animo masyarakat dalam memilih sekolahku sangat tinggi, namun karena keterbatasan daya tampungnya sekolahku hanya menerima 8 kelas. Sekolahku memang termasuk sekolah favorit dikotaku, sehingga banyak yang berlomba lomba untuk dapat masuk sebagai siswanya. Akibat hal ini banyak pendaftar  yang tereliminasi karena kalah bersaing dengan yang lainnya. Meskipun pemerintah telah memberlakukan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru, namun hal ini tetap menyebabkan pendaftar membludak dihari pendaftaran yang dilakukan dengan sistim online kecuali untuk verifikasi berkas yang mau tak mau pendaftar harus mendaftarkan langsung kesekolah, Sekolahku tetap menerapkan aturan sesuai protokol kesehatan dimasa pandemi ini dengan membatasi kerumunan dan anjuran memakai masker, mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan pihak sekolah dibeberapa titik lokasi koridor sekolah. Pagi ini pengumuman hasil penerimaan peserta didik baru atau PPDB  dikeluarkan  melalui web sekolah. Selain itu pihak sekolahku juga menempelkan pengumuman hasil penerimaan siswa baru tersebut dipapan pengumuman.  
Begitu sampai disekolah dan memarkirkan  sepeda  motor kulangkahkan kakiku menuju lobi depan sekolah, Sepintas kulihat beberapa orang tua dan anaknya masih kulihat berada didepan papan pengumuman sekolah untuk melihat nomor-nomor yang terpampang disana. Sebagian kulihat tersenyum sumringah sambil memeluk anaknya, Ada yang meloncat kegirangan dan ada yang senyum senyum sendiri. Beberapa gadis kecil  yang kurasa mereka adalah pendaftar calon siswa baru, kudengar berbicara dengan cerianya sambil berupaya welfie didepan papan pengumuman, Melihat hal tersebut aku tersenyum dan dalam hati aku bergumam, inilah remaja dengan jiwa remajanya. aku membayangkan jika sekarang aku masih remaja tentu aku juga akan melakukan hal yang sama seperti mereka. 
Aku melangkah kan kaki menuju ruanganku yang terletak disebelah kiri loby, dengan berbelok kekiri ketelusuri koridor sekolah yang menghadap langsung kelapangan yang berada ditengah tengah sekolah. Sekolahku berleter O dengan lapangan multifungsi berada ditengah tengahnya. Dilapangan kami melaksanakan upacara bendera dan olah raga dan kegiatan lainnya. Dibagian pinggir lapangan berjejer pohon rindang sehingga menimbulkan kesan sejuk. Ketika akan membuka pintu ruangan mataku tertuju pada seorang gadis remaja yang tubuhnya agak kurus, mugil dan berkulit agak gelap duduk sendiri dan melihat kesatu arah dengan pandangan yang menerawang duduk dibawah rindang pohon yang berada didepan  ruanganku. Dari raut wajahnya terlihat kesedihan dan entah apa yang dipikirkannya. 
Kuurungkan niatku membuka pintu dan kudekati gadis itu dan kusapa dia dengan salam.  Seperti terkejut namun dia segera menyadarinya dan langsung menjawab salamku. Kutanyakan ia mengapa duduk disitu sendiri dan sedang menunggu siapa. Ia menjawab dengan logat  Aceh yang kental bahwa ia datang sendiri dari rumah untuk melihat pengumuman, ketika kutanyakan mengapa ia tidak  melihat di Web sekolah aja melalui HP sehingga tidak perlu datang kesekolah, jawabannya membuatku teriris hati ketika menyatakan bahwa ia tidak mempunyai HP android dan orang tuanya pun tidak punya, Jangankan android HP tet tot istilah orang sini juga ia tak punya. HP tet tot hanya dipunyai ayahnya yang bekerja sebagai tukang becak. Ia melanjutkan bercerita bahwa tidak melihat nomer nya dipapan pengumuman yang berarti tentunya ia tidak lolos. Kupandangi wajahnya selama ia berbicara, ada raut kecewa diwajahnya. Aku hanya bisa  mengatakan untuk membesarkan hatinya bersabar dan masih banyak sekolah lain yang bisa dimasukinya, meskipun Aina begitu namanya ketika ia memperkenal diri tadi, berada di satu zonasi dengan sekolahku. masih banyak sekolah negeri yang masih kekurangan siswanya, biasanya itu sekolah sekolah negeri yang berada dipinggir kota. ku sarankan agar Aina segera mendaftar disekolah yang masih membuka pendaftaran agar tak ketinggalan nantinya. Aina menyebutkan dirinya adalah anak tertua dari lima bersaudara, ayahnya bekerja sebagai penarik becak dan ibu nya bekerja serabutan, kadang mencuci dirumah tetangga atau membantu menjaga anak balita  tetangga yang orang tuanya bekerja dikantor. Aina tinggal dirumah sewa yang ukurannya sangat kecil untuk sebuah keluarga yang terdiri dari 5 anak. Namun dari nadanya bercerita kutangkap tidak ada nada kesedihan saat ia menceritakan kondisi keluarganya. Aina bahkan bersemangat mengatakan bahwa ia sangat ingin bersekolah disekolahku ini karena sekolah ini favorit dan banyak anak yang berprestasi didalamnya, ia pun ingin berprestasi seperti mereka dan bisa melanjutkan kuliah nantinya. Nadanya  menjadi sedih ketika mengatakan harapannya ternyata tidak allah kabulkan karena ternyata Aina tidak lolos dalam seleksi penerimaan siswa baru. Aina sampai bertanya kepadaku apakah karena kondisi ekonomi orang tuanya yang sebagai penarik becak, begitu  yang ia tulis di formulir pendaftaran yang menyebabkan ia tidak dapat diterima disekolah ini, aku segera membantahnya bahwa tidak ada pengaruh jenis pekerjaan orang tua terhadap seleksi penerimaan siswa baru, Penerimaan murni berdasarkan zonasi atau prestasi siswa pendaftar yang dibuktikan dengan test  dan sertifikat juara jika ia memilih jalur prestasi. Aina menurut ketika kusarankan  untuk mendaftar disekolah lain, namun ia tetap berharap sekali agar bisa sekolah disini nanti. Aku menasehatinya agar tetap semangat dan serius belajar dimanapun ia bersekolah, raih prestasi dan tentunya banyak berdoa agar Allah memberi kemudahan untuk setiap usaha yang ia lakukan, Sekolah dimanapun sama karena yang diajarkan juga sama, tinggal keseriusan kita dalam meraih prestasi lah yang membedakannya. terlihat Aina manggut manggut mendengarkanku. Aina.. gadis mungil berkulit gelap itu pun mohon pamit untuk pulang.."Aina sudah plong sekarang bu" katanya, "terimakasih sudah menasehati Aina, semoga Aina bisa berprestasi seperti yang ibu katakan tadi dan bisa juga  kuliah nantinya". Ia pun pamit dan  membalikkan badannya dan melangkah menuju lobi. di lobi masih kulihat ia kembali melihat kearahku dan membungkukkan badannya sebagai pertanda hormatnya. Aku terharu melihat sopannya Aina ketika berhadapan dengan guru dan  harapannya yang pupus untuk dapat bersekolah disekolah favorit. Kupanjatkan doa pada Yang Maha Pengasih semoga apa yang menjadi harapan Aina dapat diperolehnya dan bisa menjadi harapan keluarganya untuk mengubah nasib mereka kelak. Aina ..gadis mungil berkulit gelap.

Monday, 8 June 2020

resume keempat



Resume perkuliahan keempat

Senin, 8 Juni 2020

Pemateri : Ibu Emi Sudarwati

Penulis : Syarifah Rukayah Indra Melina

 

Malam ini adalah perkuliahan Belajar Menulis yang keempat, dengan arahan dari Om Jay, dan dimoderatori oleh Bu Fatimah, pemateri handal yang menyampaikan pemaparannya adalah ibu Emi Sudarwati. Menurut CV yang dikirimkan OmJay bahwa beliau, Emi Sudarwati merupakan   alumni Jurusan Bahasa Daerah IKIP Negeri Surabaya tahun 1993 dan lulus tahun 1998.  Mengajar di SMPN 1 Baureno ini sejak tahun 2005.  Disamping aktif mengajar, juga telah menulis dan menerbitkan beberapa karya sastra Jawa dan Sastra Indonesia.  Editor lebih dari 250 buku karya siswa dan guru Indonesia.

Sesi materi dibuka oleh bu Fatimah sebagai moderator dengan salam dan sedikit pengantar, selanjutnya bu Emi memulai memaparkan materi yang berupa pengalaman beliau dalam menerbitkan buku.

Pada tahun 2013 beliau bergabung dengan sebuah kelompok penulis di Bojonegoro.  Namanya PSJB (Pamarsudi Sastra Jawi Bojonegoro).  Di sana beliau banyak berjumpa dan berkenalan dengan penulis-penulis senior.  Seperti : JFX. Hoery (Padangan-Bojonegoro),  Sunaryata Soemardjo (Ngimbang-Lamongan), Nono Warnono (Gajah Indah-Bojonegoro), Gampang Prawoto (Sumberrejo-Bojonegoro), Sri Setyo Rahayu (Surabaya), almarhum Anas AG (Pemred  Radar Bojonegoro-waktu itu), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari orang-orang hebat  tersebut beliau  mendapatkan banyak ilmu menulis dan menerbitkan buku..  Bahwa karya siswa yang sudah terkumpul bisa diterbitkan dengan ISBN (Internsional Standart Book Number).

Diawal tahun 2014 beliau sudah dapat menerbitkan  Kumpulan Cerkak karya Emi Sudarwati dan karya  Siswa SMPN 1 Baureno dengan judul buku LUNG.

Pada penghujung tahun yang sama beliau kembali bekerja sama dengan PSJB, untuk menerbitkan buku karya Emi Sudarwati dan Siswa SMPN 1 Baureno.  Alhamdulillah karya beliau dan siswanya mendapat sambutan yang baik  dari kepala sekolah, kepala dinas pendidikan, bahkan bupati Bojonegoro saat itu. Beliau menjadi terkenal setelah diwawancarai oleh wartawan daerah Bojonegoro dan dimuat di surat kabar harian radar Bojonegoro yang sangat terkenal itu. Imbasnya banyak orang yang penasaran dan menyerbu untuk membeli buku tersebut.

Buku karya Emi Sudarwati dan siswa SMPN 1 Baureno  menjadi inspirasi bagi banyak sekolah.  Bukan hanya di Bojonegoro, namun juga di Kabupaten lain.  Sehingga  beliau semakin sering diwawancara wartawan berbagai media,  baik cetak maupun online  tanpa harus membayar sepeserpun.

Pada tahun 2015 ini, penulis ditugaskan untuk mengikuti lomba inobel tingkat nasional.  Meskipun tidak percaya diri namun akhirnya beliau tetap mengirimkan karya inovasinya. Tak disangka ternyata beliau lolos sebagai  sebagai finalis inobelna. Bersama 102 guru dari seluruh Indonesia, beliau diundang ke Jakarta untuk presentasi.  Ternyata bukan hanya presentasi, tetapi ada ujian tulis juga. 

Selanjutnya beliau mendapat rekomemdasi dari PSJB (Pamarsudi Sastra Jawi Bojonegoro) untuk mengikuti sayembara di BBJT (Balai Bahasa Jawa Timur). Lembaga tersebut, setiap tahun mengadakan sayembara, yaitu pemilihan sanggar sastra, karya sastra Indonesia, karya sastra Jawa, dan guru bahasa berdedikasi. Puji sukur, penulis mendapat anugrah sebagai guru Bahasa Jawa Berdedikasi.  Hal ini disebabkan karena sudah menerbitkan beberapa buku karya sastra siswa.

Dengan status baru ini, beliau merasa memiliki tanggung jawab moral, agar lebih giat menularkan virus literasi di manapun juga.  Bukan hanya untuk siswa, namun juga untuk sesama guru.  Bukan hanya di Bojonegoro saja, tetapi sampai ke luar daerah.

Pada tahun 2016, beliau ditugaskan mengikuti seleksi guru prestasi tingkat Kabupaten Bojonegoro.  Dan berhasil menduduki juara ke tiga . Pada tahun yang sama, beliau  kembali mengirimkan karya inobel dan berhasil   mendapat juara 1 inobel nasional  kategori SORAK (Seni, Olah Raga, Agama, bimbingan Konseling dan Muatan Lokal).

Tidak lama seusai lomba, penulis mendapat panggilan untuk short Course di Negeri Belanda.  Sepulang dari Belanda, masih juga mendapat panggilan workshop menulis jurnal di Kota Bali.

Beberapa bulan berikutnya.  Penulis diundang untuk mengikuti workshop Literasi di Kota Batam.  Dan beliau tidak melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke negeri jiran Singapura yang jaraknya sangat dekat dengan kota Batam. Sehari di Singapura beliau mampu  melahirkan sebuah buku berjudul Dag Dig Dug Singapura.

Selanjutnya beliau mengajak teman-teman alumni finalis inobelnas untuk menulis bersama dalam satu buku.  Penulis menyebutnya dengan istilah Patungan Buku Inspiratif. Dalam perkembangan selanjutnya, bahkan bukan hanya menerbitkan buku-buku patungan.  Namun saat ini lebih banyak menerbitkan SBGI (Satu Buku Guru Indonesia) dan SBSI (Satu Buku Siswa Indonesia).

Ratusan buku lahir dari grup Patungan Buku Guru Inspiratif.  Karena sejak tahun 2018 ini lebih banyak menerbitkan SBGI dan SBSI, maka nama grup dirubah.  Yaitu menjadi Penerbit Buku Inspiratif (PBI).  Beberapa undangan dari daerah-daerah lain mulai berdatangan.  Misalkan dari Kota Bogor, Sampang, Tuban, Blitar, Lamongan, Yogyakarta dan lain-lain. 

Di Bojonegoro sendiri, penulis aktif sebagai Guru Ahli (GA) di Pusat Belajar Guru (PBG) dan PGRI, dipercaya sebagai juri lomba Guru menulis dan pelatihan meulis buku.  Memotivasi guru-guru Bojonegoro agar lebih inovatif dalam mengajar, dan lebih kreatif dalam menulis dan menghimbau agar guru-guru lebih sering mengirimkan hasil karya ke media. 

Ditahun 2019 beliau mengawali terbitnya buku Kado Cinta 20 Tahun dan Haiku.  Karya ini ditulis berdua dengan suaminya.  Pada  tahun yang sama menerbitkan 2 buku tunggal dan beberapa buku patungan yaitu buku yang ditulis bersama siswa SMPN 1 Baureno dan bersama grup Patungan Buku Inspiratif.  Juga menulis bersama penerbit Pustaka Ilalang. Saat ini saya konsentrasi mengelola TBM Kinanthi. Untuk penerbitan buku  beliau bekerja sama dengan Majas Grup (Penerbit Majas, Dwi Putra Jawa, dan Praktek Mandiri).

Salah satu peserta yang menanyakan untuk pengiriman naskah    atau materi untuk dibukukan apakah harus sudah dalam keadaan siap cetak ? Apa yang layout pihak percetakan? Bagaimana untuk naskah yg dikirim hanya berupa karya saja..berapa beaya yg harus dibutuhkan?  ( jika Caver dan layout bukan penulis), beliau menjawabnya bahwa  naskah  yang dikirim usahakan sudah lengkap ,mulai judul, kata pengantar, daftar isi,  isi buku,bdan biografi penulis.  Sedangkan edit,  layout dan desaig kover akan dikerjakan TIM. Namun jika ingin  membuat kover sendiri juga diperbolehkan.  Tapi tidak akan mengurangi biaya ke penerbit. Ukuran kertas  yang digunakan A5 . Adapun biaya penerbitan, tergantung jumlah halaman dan banyaknya cetak. Kalau jumlah halamannya 50-60 halaman, dengan biaya Rp. 480.000 sudah termasuk edit, lay out, desain  kover dan ISBN dan dicetak minimal 10 eks.

Penanya berikutnya menanyakan tentang untuk menerbitkan  PTK  apakah yang dikirim ke penerbit naskah asli  PTK ? menurut ibu Emi Naskah PTK harus sudah dirubah sistematikanya seperti buku. Jadi ada beberapa yang boleh dihilangkan dan  yang harus disederhanakan. Bisa 1 PTK dijadikan satu buku atau  1 buku terdiri dari kumpulan beberapa PTK. 

Masih ada lagi beberpa pertanyaan dari peserta yang menanyakan seputar pengalaman beliau dalam menerbitkan buku.

Luar biasa ilmu yang didapatkan mala mini, dan semakin bertambah wawasanku dalam ilmu menulis, dan semakin mengobarkan semangatku untuk dapat menulis hingga menghasilkan buku karya ku sendiri. Semoga Allah memudahkan jalan untuk mewujudkan harapanku ini.

Banda aceh dipertengahan malam….

 


Saturday, 6 June 2020

resume perkuliahan ketiga

     

Resume ketiga

Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku

Narasumber : ibu Dra. Sri Sugiharti, M.Pd

Penulis : Syarifah Rukayah Indra Melina


Seputar Hak Cipta, Perizinan, ISBN dan Perpajakan Dalam Penerbitan ...

Perkuliahan ketiga tadi malam kudapatkan hal menarik  lagi yang membuat keinginanku untuk menulis semakin kuat. Yang menyampaikan materi adalah Ibu Sri Sugiharti, seorang penulis yang juga seorang guru SMK. Beliau menceritakan pengalamannya mulai dari mulai menulis hingga saat ini. Dalam berproses menjadi penulis tidaklah semerta-merta, beliau memulai menulis ketika melanjutkan kuliah S-2  pada tahu 2007 yang  mau tidak mau beliau harus selalu bersentuhan dengan internet, social media dan lain-lain. Selanjutnya  pada tahun 2009 rekan sesama MGMP mengajak beliau untuk sama-sama menulis buku ajar yang akan diterbitkan oleh penerbit Erlangga. Setelah menyusunnya selama 6 bulan maka dihasilakan sebuah buku seri  pendalaman Bahasa Inggris untuk SMK.  Setelah direvisi makan bulan Oktober 2010 terbitlah buku beliau . dan yang menjadi kepuasan tersendiri bahwa buku tersebut bersklala Nasional  dan laris manis terjual sehingga setiap semester  royaltynya mengalir kerekening. Sungguh fantastis.

Pada tahun 2013 buku itu direvisi lagi dan ditambah penulisnya menjadi 4 orang. Buku tersebut juga laris manis terjual karena hamper semua sekolah menjadikan buku tersebut menjadi buku pegangan wajib  disekolah. Beliau memanfaatkan keuntungan yang didapat untuk menambah sumber bacaan dan ,mengembangkan kemqmpuqn menulis dengan belajar kepada orang  yang lebih berpengalaman dalam menulis.

Selanjutnya dari pengalaman pengalaman beliau dalam menulis dan menerbitkan buku lah yang mempertemukan beliau dengan Om Jay pada tahun 2013 yang mana pada saat intu beliau telah menerbitkan 3 buku antara lain buku parenting, buku ajar dan  buku biografi mini Kugelar Sajadah Cinta  yang merupakan buku yang berkisah tentang pengalaman  orang tuanya  saat ibu beliau remaja hingga bertemu  dengan  ayah dan diakhiri sampai  kisah  beliau berumur  50 tahun, kuliah  S-2 dan menunaikan ibadah haji. Beliau penyarankan bagi pemula bisa mengambil ide dari buku tersebut dan dikembangkan.

Ibu Sri juga memberikan beberapa tips untuk jadi penulis, berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang penulis :

v  Banyak membaca.

Karena dengan membaca akan memunculkan ide atau gagasan.

v  Mencoba menulis

Tulislah apa saja yang ingin anada tulis meskipun saat itu tidak mempunyai ide, bahkan menceritakan saat itu anda tidak mempunyai ide melalui media  apa saja  seperti computer dirumah, buku harian, media social bahkan blog.

v  Mengirimkan tulisan

Setelah anda menulis baik itu cerpen, kisah perjalanan hidup, puisi dll anda  sudah dapat mengirimkan buku anda tersebut ke penerbit buku.

v  Teruslah menulis

Jika tulisan anda ditolak atau sudah pernah diterbitkan tetaplah terus menulis menghasi;kan tulisan-tulisan berikutnya.

 

Selanjutnya Ibu Sri juga memberikan beberapa tips untuk menulis seperti:

*      Buat kerangka tulisan

Hal ini perlu agar tulisan anda mempunyai arah.

*      Buat target

Buatlah target kapan anda akan menyelesaikan tulisan, misalkan sehari targetkan berapa lembar anda akan menulis.

*      Fokus

Fokuslah pada target yang akan anda buat, jangan tergoda  oleh hal lain yang membuat anda menunda menyelesaikan tulisan.

*      Reward dan Punishment

Anda dapat memberi hadiah untuk diri anda sendiri jika dapat melampaui target dan bahkan sebaliknya tegurlah diri sendiri jika target tidak tercapai.

 

Judul merupakan hal penring dalam sebuah buku karena dengan judul menarik sebuah buku dapat laris manis  menjadi best seller meskipun isinya kosong.

Berikut beberapa tips yang beliau sampaikan untuk memilih judul yang menarik :

Ø  Sesuaikan dengan tema tulisan.

Ø  Buat judul dengan kata yang mudah diingat.

Ø  Buat orang menjadi penasaran

 

Dalam berkarya ide merupakan hal yang penting, berikut beberapa  tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ide tulisan :

v  Banyak lah membaca buku-buku dan membelinya. Dengan membaca akan banyak memunculkan ide, mendapatkan buku bisa juga dengan meminjam diperpustakaan atau saling memijam dengan teman.

v  Refreshing  atau kunjungi  tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi karena akan merefresh  pikiran dari rutinitas anda.

v  Tulislah apa saja meskipun anda belum memiliki ide seperti hal hal yang ada disekitar anda, setelah  anda mulai menulis ide akan bermunculan sendiri.

v  Cari referensi dari berbagai media, sekarang dengan mudahnya kita mendapatkannya teutama dari media internet.

Dari pemaparan ibu Sri Sugiharti ada hal yang menarik untuk kuingat bahwa menulis itu bukanlah suatu bakat namun merupakan suatu ketrampilan, sehingga berlatihlah dan tulislah berbagai  ide yang ada disekitar kita dan jadikan menulis itu sebagai gaya hidup. Tetaplah menulis dan tulislah apa yang disukai dan dikuasai. Karena dengan menulis kita akan terus mengupgrade diri dan tentunya akan semakin banyak tulisan yang dihasilkan.

Setelah perkuliahan ketiga ini membuatku semakin berhasrat untuk menjadi penulis seperti Bu Sri Sugiharti yang hebat ini. Pemaparan beliau sangat menginspirasiku , karena setelah mendengarkan pemaparan beliau, sepertinya menulis itu mudah, namun kenapa ya sampai saat ini belum banyak ide yang muncul untuk membuat tulisan. Semoga dengan beberapa trik yang dibuerikan beliau  insyaallah akan kucoba melakukannya dan bergabung di group menulis ini juga telah menginspirasiku utuk menulis apalagi dipandu oleh Ibu Fatimah yang hebat mengobarkan semangat menulis kepada kami. Terima kasih bu Sri Sugiharti, Om Jay dan bu Fatimah. Bapak ibu tetaplah tidak bosannya dlam  menginspirasi  semangat kami untuk menulis.  

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang beminat untuk menjadi penulis.

 

  

Friday, 5 June 2020

perkuliahan menulis kedua


Bantuan Buku Sekolah Belum Terdistribusikan

Resume perkuliahan kedua

Merubah PTK menjadi Buku

oleh : Syarifah Ruqayah IM

Tadi malam merupakan kedua kalinya  kudapatkan  ilmu berharga dari orang-orang hebat. Materi yang disampaikan oleh sang editor hebat Ibu Hati Nurahayu  dan dipandu oleh Omjay dan dimoderatori oleh bu Fatimah. Materi yang disampaikan cukup penting buatku karena ilmu inilah yang selama ini ingin kudapatkan  dan  malam ini keinginanku terkabul. Allah Maha Mengetahui keinginan hambaNya.

Penyampaian materi dibagi atas dua sesi yaitu sesi menyimak dan sesi pertanyaan. Setelah membuka dengan salam  dan menyapa peserta  bu Hati memulai  penyampaian materinya materinya tentang bagaimana cara meneribitkan hasil PTK menjadi sebuah buku.

Semua guru terutama PNS selalu diwajibkan menulis laporan PTK sebagai syarat yang harus dipenuhi untuj kenaikan pangkatnya. Lalu setelah membuat PTK dapatkah kita mendapatkan nilai PAK dari versi lainnya? Tentu bisa,  salah satunya adalah dengan menjadikan laporan PTK yang telah kita susun menjadi sebuah buku. Buku ini memiliki kebermanfaatan lain juga sebagai bahan literasi bacaan pendidik lain dalam melakukan PTK.

Menurut pengalaman bu Hati beliau sering menerima banyak naskah PTK yang akan dijadikan buku, namun tidaklah bisa langsung hasil PTK dicetak  menjadi sebuah buku, melainkan harus dijadikan terlebih dahulu selayaknya buku yang lebih oke penampakannya untuk dibaca. Bagaimanakah caranya? Dengan memberikan contoh draft sebuah PTK yang disusunnya pada tahun 2014, beliau melanjutkan bagaimana cara trik mengubah PTK, Best Practice menjadi buku.  Diantaranya mengubah  judul PTK menjadi  menjadi judul buku. Ada dua versi yang dapat dijadikan pedoman dan kita dapat memilih versi mana yang sesuai dengan yang kita mau. Bu Hati memperlihatkan beberapa PTK, Best Practice dan Inobel beliau yang sudah dijadikan buku. Beliau melanjutkan bahwa dalam mengubah PTK menjadi buku penting sekali memperbanyak  isi materi  variable bebasnya dari kata kunci judul  buku  atau PTK kita , dengan memperluas isi bacaannya terutama dari sumber yang relevan. Kebanyakan guru bingung dalam mencari judul, padahal tidak harus bingung, karena kita tinggal mengqambil intinya saja, maka buku kita akan menjadi lebih asik sebagai buku bacaan juga.

Diantara peserta ada yang bertanya bisakah PTK yang dijadikan buku ditulis oleh dua orang? Menurut bu Hati boleh saja dua orang karena buku berbeda niainya dengan PTK, sebuah buku ditulis dari pengembangan isi PTK. Meskipun dalam penilaian PAK bahwa penulis pertama dan kedua akan berbeda angka kreditnya. Selanjutnya ditanyakan lagi bagaimana bisa bu Hati menjadi sosok editor handal yang sudah menyunting sekian banyak PTK menjadi sebuah tulisan di buku yang menarik untuk dibaca? Bu Hati menuturkan pengalamannya bahwa  beliau sebelumnya banyak membaca buku buku Best Seller, bagaimana mereka menyajikan materi untuk menjadi sebuah buku, melihat tata letak sebuah buku agar lebih menarik untuk dibaca. Juga dengan menyediakan sumber bacaan lain, karena editor harus banyak membaca buku buku  yang relevan. Setiap buku bervariasi, ada yang sederhana menjadi luar biasa dari PTK, ini tergantung dari konten PTK yang dibuat dan berikutnya ide kita mengembangkannya. Selanjutnya ada beberapa pertanyaan lagi dari peserta yang intinya bagaimana tehnis yang dikembangkan dalam mengubah PTK menjadi sebuah buku. Meskiupun harus mengantri namun akhirnya pertanyaanku juga dijawab oleh bu Hati. Benar-benar ibu yang mempunyai hati yang baik, itulah kesan yang kutangkap dari beliau, meskipun belum pernah bertatap muka secara langsung namun bisa kubayangkan dari cara beliau meladeni dan menjawab setiqp pertanyaan dari peserta tanpa mengeluh dan bosan.

Ada dua kesan yang kudapat malam itu yang pertama ilmu yang bermanfaat dan kepribadian yang layak ditiru dari seorang editor handal seperti ibu Hati Nurahayu.

 

 


Tuesday, 2 June 2020

kuliah perdana

Kuliah  online perdana Belajar menulis

 

Senin, 1 Juni 2020 Pukul 19.00 WIB/ 20.00 WITA 

 

 Tadi malam  merupakan hal berbeda bagiku. Ditengah kesibukan diklat online yang beberapa even   kuikuti kuusahakan  untuk mendengarkan pemateri handal yang sangat hebat menurut ukuranku dalam kemampuannya menulis. Membaca tulisan beliau diblog nya membuatku termotivasi untuk dapat menulis seperti beliau. Sepertinya menulis itu mudah. Selama ini sudah kupendam keinginan agar bisa. menulis. Bahkan kubayangkan nanti jika masa purnabaktiku nanti akan kugunakan waktu untuk menulis agar tetap produktif. Itulah sebabnya begitu ada info yang dishare di salah satu group WA tentang kegiatan pelatihan menulis ini seakan gayung bersambut dan tanpa piker panjang lagi langsung kudaftarkan diriku sebagai peserta diklat online ini. Selama masa Pandemi ini sebagai pengisi kekosongan kegiatan kuusahakan untuk mengikuti beberapa kegiatan yang dapat menambah ilmu bagiku. Mulai dari seminar online atau webinar istilah tren nya sampai beberapak diklat kuusahakan untuk mengikutinya.

Seperti tadi malam mendengarkan pemaparan “Omjay” yang menggugah kita agar semangat dalam menulis. Yang dapat kusimpulkan dalam pemaparan hebat Omjay adalah bahwa  menulis dan meberbitkan buku butuh kolaborasi. Penulis tdk bisa bekerja sendiri. Butuh org lain yg baik hati seperti editor yg menemukan kesalahan kita dalam menulis. Oleh karena itu nikmati prosesnya dan mulailah menulis di blog. Diminta atau tdk diminta. Blog harus kita isi dengan tulisan yg menarik dan inspiratif. Pasti akan banyak pengunjungnya tanpa kita minta.

Buku dapat meningkatkan ketrampilan  menulis diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Sebuah buku bias dibuat dari sebuah hasil penelitian tindakan kelas atau PTK. Pengalaman Omjay yang mendapatkan kesempatanlolos masuk final lomba karya tulis inovasi pembelajaran tingkat nasional. Dan berkat hasil PTK ini juga yang menyebabkan Omjay mendapatkan hadiah  laptop baru dan uang jutaan rupiah, tiket pesawat dan menginap dihotel bintang 5. Suatu prestasi yang luar biasa. Sebelumnya  Omjay tidak mengetahui jiku hasil  laporan PTK bisa dijadikan buku ber-ISBN. Setelah Omjay mendapat bimbingan dan  belajar dengan pak Lukman di Jawa Timur lewat online, Omjay  mendapatkan ilmunya ilmunya.  Dan ibu Hati di Bandung menawarkan diri menjadi editornya. Tentu saja hal ini membuat Omjay merasa senang sekali karena Omjay saat itu belum mempunyai pengalaman dalam menulis buku dari hasil PTK. Alhamdulillah buku itu jadi dan banyak yang memesannya.

Itulah sepenggal materi yang dapat kuambil simpulannya, dari seorang Bloger ternama  meskipun dari sesi tanya jawab juga banyak menambah masukan untuk wawasan dalam ilmu menulisku. Harapanku agar dapat mengukuti jejak Omjay kelak

 

 

 


Sifat Koligatif larutan in Life

Pernahkah kamu membuat bikin teh manis panas? Ketika air panas sudah dituang ke gelas berisi teh celup dan gula, lalu diaduk, apa yang terj...