Saturday 6 June 2020

resume perkuliahan ketiga

     

Resume ketiga

Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku

Narasumber : ibu Dra. Sri Sugiharti, M.Pd

Penulis : Syarifah Rukayah Indra Melina


Seputar Hak Cipta, Perizinan, ISBN dan Perpajakan Dalam Penerbitan ...

Perkuliahan ketiga tadi malam kudapatkan hal menarik  lagi yang membuat keinginanku untuk menulis semakin kuat. Yang menyampaikan materi adalah Ibu Sri Sugiharti, seorang penulis yang juga seorang guru SMK. Beliau menceritakan pengalamannya mulai dari mulai menulis hingga saat ini. Dalam berproses menjadi penulis tidaklah semerta-merta, beliau memulai menulis ketika melanjutkan kuliah S-2  pada tahu 2007 yang  mau tidak mau beliau harus selalu bersentuhan dengan internet, social media dan lain-lain. Selanjutnya  pada tahun 2009 rekan sesama MGMP mengajak beliau untuk sama-sama menulis buku ajar yang akan diterbitkan oleh penerbit Erlangga. Setelah menyusunnya selama 6 bulan maka dihasilakan sebuah buku seri  pendalaman Bahasa Inggris untuk SMK.  Setelah direvisi makan bulan Oktober 2010 terbitlah buku beliau . dan yang menjadi kepuasan tersendiri bahwa buku tersebut bersklala Nasional  dan laris manis terjual sehingga setiap semester  royaltynya mengalir kerekening. Sungguh fantastis.

Pada tahun 2013 buku itu direvisi lagi dan ditambah penulisnya menjadi 4 orang. Buku tersebut juga laris manis terjual karena hamper semua sekolah menjadikan buku tersebut menjadi buku pegangan wajib  disekolah. Beliau memanfaatkan keuntungan yang didapat untuk menambah sumber bacaan dan ,mengembangkan kemqmpuqn menulis dengan belajar kepada orang  yang lebih berpengalaman dalam menulis.

Selanjutnya dari pengalaman pengalaman beliau dalam menulis dan menerbitkan buku lah yang mempertemukan beliau dengan Om Jay pada tahun 2013 yang mana pada saat intu beliau telah menerbitkan 3 buku antara lain buku parenting, buku ajar dan  buku biografi mini Kugelar Sajadah Cinta  yang merupakan buku yang berkisah tentang pengalaman  orang tuanya  saat ibu beliau remaja hingga bertemu  dengan  ayah dan diakhiri sampai  kisah  beliau berumur  50 tahun, kuliah  S-2 dan menunaikan ibadah haji. Beliau penyarankan bagi pemula bisa mengambil ide dari buku tersebut dan dikembangkan.

Ibu Sri juga memberikan beberapa tips untuk jadi penulis, berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang penulis :

v  Banyak membaca.

Karena dengan membaca akan memunculkan ide atau gagasan.

v  Mencoba menulis

Tulislah apa saja yang ingin anada tulis meskipun saat itu tidak mempunyai ide, bahkan menceritakan saat itu anda tidak mempunyai ide melalui media  apa saja  seperti computer dirumah, buku harian, media social bahkan blog.

v  Mengirimkan tulisan

Setelah anda menulis baik itu cerpen, kisah perjalanan hidup, puisi dll anda  sudah dapat mengirimkan buku anda tersebut ke penerbit buku.

v  Teruslah menulis

Jika tulisan anda ditolak atau sudah pernah diterbitkan tetaplah terus menulis menghasi;kan tulisan-tulisan berikutnya.

 

Selanjutnya Ibu Sri juga memberikan beberapa tips untuk menulis seperti:

*      Buat kerangka tulisan

Hal ini perlu agar tulisan anda mempunyai arah.

*      Buat target

Buatlah target kapan anda akan menyelesaikan tulisan, misalkan sehari targetkan berapa lembar anda akan menulis.

*      Fokus

Fokuslah pada target yang akan anda buat, jangan tergoda  oleh hal lain yang membuat anda menunda menyelesaikan tulisan.

*      Reward dan Punishment

Anda dapat memberi hadiah untuk diri anda sendiri jika dapat melampaui target dan bahkan sebaliknya tegurlah diri sendiri jika target tidak tercapai.

 

Judul merupakan hal penring dalam sebuah buku karena dengan judul menarik sebuah buku dapat laris manis  menjadi best seller meskipun isinya kosong.

Berikut beberapa tips yang beliau sampaikan untuk memilih judul yang menarik :

Ø  Sesuaikan dengan tema tulisan.

Ø  Buat judul dengan kata yang mudah diingat.

Ø  Buat orang menjadi penasaran

 

Dalam berkarya ide merupakan hal yang penting, berikut beberapa  tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ide tulisan :

v  Banyak lah membaca buku-buku dan membelinya. Dengan membaca akan banyak memunculkan ide, mendapatkan buku bisa juga dengan meminjam diperpustakaan atau saling memijam dengan teman.

v  Refreshing  atau kunjungi  tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi karena akan merefresh  pikiran dari rutinitas anda.

v  Tulislah apa saja meskipun anda belum memiliki ide seperti hal hal yang ada disekitar anda, setelah  anda mulai menulis ide akan bermunculan sendiri.

v  Cari referensi dari berbagai media, sekarang dengan mudahnya kita mendapatkannya teutama dari media internet.

Dari pemaparan ibu Sri Sugiharti ada hal yang menarik untuk kuingat bahwa menulis itu bukanlah suatu bakat namun merupakan suatu ketrampilan, sehingga berlatihlah dan tulislah berbagai  ide yang ada disekitar kita dan jadikan menulis itu sebagai gaya hidup. Tetaplah menulis dan tulislah apa yang disukai dan dikuasai. Karena dengan menulis kita akan terus mengupgrade diri dan tentunya akan semakin banyak tulisan yang dihasilkan.

Setelah perkuliahan ketiga ini membuatku semakin berhasrat untuk menjadi penulis seperti Bu Sri Sugiharti yang hebat ini. Pemaparan beliau sangat menginspirasiku , karena setelah mendengarkan pemaparan beliau, sepertinya menulis itu mudah, namun kenapa ya sampai saat ini belum banyak ide yang muncul untuk membuat tulisan. Semoga dengan beberapa trik yang dibuerikan beliau  insyaallah akan kucoba melakukannya dan bergabung di group menulis ini juga telah menginspirasiku utuk menulis apalagi dipandu oleh Ibu Fatimah yang hebat mengobarkan semangat menulis kepada kami. Terima kasih bu Sri Sugiharti, Om Jay dan bu Fatimah. Bapak ibu tetaplah tidak bosannya dlam  menginspirasi  semangat kami untuk menulis.  

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang beminat untuk menjadi penulis.

 

  

14 comments:

  1. Hayo nama saya masih salah menulisnya. Bisa dilihat di flyer ya. Salam literasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuh ibu..mohon maaf beribu maaf ibu atas keteledoran saya..padahal flyer nya udah ada diatas kenapa mata ini masih ga teliti juga..inilah akibatnya ngetik disaat udah ngantuk, walaupun posting esok hari nya saya ga teliti lagi ketikannya..mohon sekali lagi maaf ya bu Sri Sugiastuti..

      Delete
  2. terimkasih atas tips-tipsnya bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 bu Kartika,,mohon krisan nya juga atuh..

      Delete
  3. Replies
    1. terima kasih bu Titin..mohon kritik dan sarannya juga karena sy masih memulai..

      Delete
  4. Alhamdulillah, tulisan yang cukup menarik, singkat padat dan jelas, terus lah menulis jangan pernah berhenti terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih Bu Fat..jangan bosan membimbing kami ya..

      Delete
  5. Replies
    1. jazakallah bu Aam ..selamat ya..bu Aam memang hebat ..terus berkarya menjadi makin hebat..

      Delete
  6. Semangat menulis ibu..
    Mampir di blog saya ibu..ini alamatnya aniksudarwati22.blogspot.com. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jazakallah bu Anik..sy juga udah ngunjungi tempat ibu..tulisan ibu hebaat..

      Delete
  7. Practice makes perfect... Mari kita terus berlatih sampai kita menemukan personal branding kita dlm menulis... Keren dan mantap Bu...

    ReplyDelete
  8. jazakallah bu Lilis..bu Lilis juga hebaat..

    ReplyDelete

Sifat Koligatif larutan in Life

Pernahkah kamu membuat bikin teh manis panas? Ketika air panas sudah dituang ke gelas berisi teh celup dan gula, lalu diaduk, apa yang terj...