Friday 26 June 2020

Membangun Branding lewat Blog dan Medsos

Membangun Branding lewat Blog dan Media Sosial

 


Pemateri : Namin AB Ibnu Solihin

Penulis : Syarifah Rukayah Indra Melina

 

Seperti biasanya setiap hari Senin, Rabu dan Jumat kegiatan rutinku selepas shalat maghrib adalah mengikuti perkuliahan belajar menulis bersama Om Jay. Malam  ini yang menjadi narasumbernya adalah bapak Namin AB Ibnu Solihin. Beliau adalah seorang founder motivatorpendidikan.com .

Diawal pemaparannya beliau berbagi pengalamannya saat mulai ngeblog tahun 2007 sebagai pengisi waktu luang saat tidak mengajar. Yang ditulis umumnya adalah curahan hati beliau.beliau telah membuat lebih sepuluh blog yang sekarang telah dihapus semua karena beliau merasa tulisan masa lalunya  tidak pantas dikonsumsi masyarakat.

Pada tahun 2013 beliau mengenal guraru.com yang merupakan sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif  yang pernah juga menjadi narasumber pada kegiatan ini seperti Pak Agus Smpurno dengan Brand nya Guru kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Pak Dedi Dwitagama. Pada tahun yang sama beliau mengikuti Tacher Writing Camp yang digagas oleh Om Jay dengan tujuan untuk lebih mengasah kemampuan menulisnya.

Pada tahun 2014 beliau bersama Om Jay menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru ngeblog yang kemudian memberikan pelatihan Guru Ngeblog gratis bagi guru Jabodetabek.

Sebelumnya ditahun 2012 beliau mulai melakukan Branding bagi dirinya sendiri, Ilmu Branding dipelajarinya secara otodidak sejak tahun 2007.Selama perjalanan menjadi Guru dan Kepala Sekolah beliau banyak membuat Ide dan Gagasan untuk mengembangkan sebuah sekolah sperti medesign logo, membuat kegiatan yang menarik, dan mendesign kurikulum. Pada awal-awal ide dan gagasanya banyak ditentang oleh pihak-pihak tertentu, karena dianggap keluar dari jalur kebiasaanya, namun lambat laun akhirnya ide dan gagasannya bisa terima dan akhirnya namin berhasil melakukan Re Branding pada berbagai sekolah yang di dampinginya.

Satu tahun kemudian www.motovatorpendidikan.com berhasil dilaunching yang seluruh konten  tulisannya berisikan berbagai program training yang pernah beliau isi. Sebelum diluncurkan web tersebut tulisan-tulisan dan ide beliau tentang pendidikan banyak ditulis di blog https://motivatorkreatif.wordpress.com .

Dengan niat menulis untuk berbagai inspirasi saat ini beliau telah  menulis sekian banyak  materi pendidikan dan pengasuhan dan ditulis melalui media PPT yang kemudian di publish di slideshare.net.

Ada beberapa hal yang menarik dari pemaparan  pak Namin sang motivator ini antara lain :

·         meskipun membangun branding itu tidak mudah namun jangan khawatir, jika bersungguh-sungguh insyaallah ada kemudahan.

·         Membangun branding harus sejalan dengan kompetensi yang dimiliki. Karena akan susah jika membangun branding tertentu namun tidak memiliki ilmu pada brandingnya  tersebut.

·         Membangun branding di blog harus selaras dengan kepribadian kita di blog, Medsos dan segala aktivitas yang kita lakukan.

·         Yang harus ditaati adalah jika menulis konten di blog harus konsisten dengan Branding yang kita miliki. Jika ingin dikenala sebagai pakar pendidikan maka harus konsisten menulis hal yang berkaitan dengan pendidikan.contohnya jika mencoba searching di google kata “motivator pendidikan” maka akan muncul lah nama-nama yang antara lain adalah nama beliau Namin AB Ibnu Solihin.

·         Orang akan mencari atau menghubungi  jika tulisan kita dirasakan manfaatnya oleh mereka.

·         Jadilah pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.

·         Rumus dalam sebuah proses untuk menulis : 5a ( dipaksa, terpaksa, kepaksa, biasa dan terbiasa).paksakan selama tiga  bulan pertama menulis 15 menit, insyaallah akan jadi terbiasa.

·         Untuk membuat blog jadi menarik adalah dengan enggunakan disain yang simple dan memadukan tulisan dengan video dan gambar.

·         Jika seseorang punya tujuan untuk dikenal public dan agar ilmunya memberi manfaat bagi orang lain maka wajiblah ia membranding diri.

Sebagai penutup diakhir sesi beliau memberikan  motivasi :

v  Tetap semangat menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.

v  Teruslah belajar dari banyak sumber.

v  Banyaklah membaca buku karena tidak mungkin bisa menulis jika malas membaca.

v  Jadilah sebaik-baik manusia yang memberi manfaat untuk banyak orang.

v  Jika belum memahami branding, tak usah dipusingkan, teruslah menulis sesuai dengan kemampuan kita.

Terima kasih pak Namin sang motivator hebat,  terimakasih atas motivasinya, Insyaallah kami juga akan  berusaha menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.


14 comments:

  1. Masya Allah luar biasa bu resumenya

    ReplyDelete
  2. Saya suka baca tulisan ibu mengalir dan bernas terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  3. WOW ... mantul bgt bun
    Warna backgroundnya juga bagus

    ReplyDelete
  4. Menulislah lalu mengulang membacaya maka akan menemukan kesempurnaan tulisan

    ReplyDelete
  5. Mari belajar menulis di blog dan mengelolanya dengan baik

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, sangat bagus, namun ada beberapa kata yang kurang huruf nya, karena di buat super cepat ,jadi mohon di baca ulang maka kita akan tahu huruf apa dan dimana, insya Allah setelah di perbaiki, maka tulisan ibu sangat sempurna dan enak di baca dan menulis lah selalu dan jadi kan menulis itu hobby, dan sukai lah menulis dengan sepenuh hati, maka kita akan dengan mudah dapat mewujudkan cita-cita kita untuk menerbitkan buku, mohon maaf bila komentar saya kurang baik, Terimakasih banyak Alhamdulillah

    ReplyDelete
  7. Semangat menulis bu, bagus resumenya

    ReplyDelete
  8. mantap bu...smangat terus ya, Barakallah bu

    ReplyDelete

Sifat Koligatif larutan in Life

Pernahkah kamu membuat bikin teh manis panas? Ketika air panas sudah dituang ke gelas berisi teh celup dan gula, lalu diaduk, apa yang terj...