Friday 24 July 2020

Menulis semudah senyum dengan apk. Writer plus

Resume ke 24


Menulis semudah senyum dengan apk. Writer plus

Narasumber : Sri Melni

Penulis : Syarifah Rukayah Indra Melina

 

Setelah hampir seminggu terbaring tak bedaya karena sakit, malam ini aku kembali mengikuti perkuliahan menulis. Terasa sekali bedanya jika malam-malam biasanya aku rutin mengikuti perkuliahan namun karena daya tahan tubuhku menurun hingga jatuh sakit tak ada yang bisa kulakukan. Allah berikan sakit ini adalah nikmat yang harus kusyukuri, karena dengan nikmat ini aku bisa merasakan istirahat yang cukup panjang, yang mungkin selama ini aku mengabaikannya. Bahwa tubuh sudah menjerit minta diistrahatkan, namun karena ada semangat yang menyala permintaan ini hanya terpendam dan baru unjuk giginya minggu lalu.

Malam ini dengan perlahan kembali kuikuti kegiatan belajar menulis ini. Seperti biasanya kegiatan yang dimotori oleh Om Jay malam ini akan dipandu oleh bu Sri Sugiastuti. Malam ini yang akan menyajikan materi adalah ibu Sri Melni seorang guru TIK SMPN 1 Gunung Talang, seorang pegiat Literasi di Solok, Sumatra Barat. Beliau memaparkan materi tentang menulis dengan aplikasi writer plus.

Aplikasi ini akan mengubah suara kita menjadi sebuah ketikan teks, cukup dengan bicara melaui mikrofon yang tersedia dan selanjutnya akan muncul tulisan sesuai dengan apa yang kita ucapkan. Jadi kita dapat dengan sangat mudah menulis tanpa harus  didepan laptop, sehingga menulis bisa dilakukan sambil tersenyum dan semudah berbicara.

Untuk mendapatkan aplikasi writer plus kita dapat mengunggahnya di playstore caranya :

·         Instal Writer plus

·         Buka aplikasi

·         Klik tanda + yang berwarna hijau toska pada sudut kanan bawah.

·         Akan keluar tanda microphone

·         Silakan tekan tanda microphone tersebut lalu bicara dan apk akan menuliskan apa yang kita ucapkan.

·         Selanjutnya teks dapat di share dengan mengklik garis 3 disudut kanan atas, dan jangan lupa ubah formatnya menjadi teks. Dan akan langsung tersimpan.

·         Dan kita dapat mengcopy pastekannya ke mikrosoft word jika kita kan membuat naskah tulisan. Mudah bukan..

Dengan menggunakan aplikasi writer plus ini kita dapat lebih mudah menuangkan ide tulisan karena tanpa harus punya waktu khusus untuk menulis. Bisa saja saat kita sedang dalam perjalanan, berwisata, dipasar dan lain lain.

Semakin banyak kemudahan yang membantu kita dalam menuangkan tulisan, mari kita semakin semangat menghasilkan lebih banyak tulisan lagi. Semangat.


2 comments:

Sifat Koligatif larutan in Life

Pernahkah kamu membuat bikin teh manis panas? Ketika air panas sudah dituang ke gelas berisi teh celup dan gula, lalu diaduk, apa yang terj...